ROYALQQ

Warga Aceh diresahkan , kapal nelayan kerap diganggu aksi buaya



Royalqq.com - Sejumlah nelayan yang melaut melalui jalur Sungai Ujung Bawang di kawasan Desa Selok Aceh, Kabupaten Aceh Singkil sepekan terakhir diganggu oleh buaya. Untuk mengantisipasi, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) telah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan.

"Saya sudah kontak tim di Singkil, hari ini langsung turun melakukan assessment, barusan Kasi Wilayah 2 sudah saya hubungi," kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, via telepon genggamnya, Sabtu (8/7).

Menurutnya, bila memang sudah membahayakan banyak warga, buaya yang mengganggu nelayan di Sungai Ujung Bawang itu akan ditangkap dengan perangkap dan di pindahkan ke penangkaran . Sehingga warga bisa beraktivitas seperti biasa tanpa takut diganggu buaya di sungai tersebut.

"Syukur kalau ada pawang yang bisa menggiring kembali buaya itu menjauh," tukasnya.

Sepekan terakhir, nelayan kawasan Desa Selok Aceh resah dengan keberadaan buaya tersebut. Karena setiap nelayan hendak melaut yang melintasi sungai tersebut, perahunya kerap ditarik dan diganggu oleh buaya. Akibatnya, sejumlah nelayan takut melaut melalui jalur tersebut.

Hingga sekarang, warga yang mencari nafkah di sungai tersebut, seperti nelayan pencari ikan, kepiting dan ikan sungai kerap diganggu hewan predator itu. Sehingga warga sekarang enggan pergi ke sungai tersebut, baik hanya sekedar melintas maupun mencari ikan.


Share on Google Plus

About royalqq

0 comments:

Post a Comment